MAHASISWARIAU.COM – Saat kita menjadi mahasiswa banyak sekali hal yang kita pelajari baik di ruang lingkup kampus atau di luar kampus atau pelajaran yang kita dapat dari kampus. Tentunya hal tersebut bisa kita dapat secara langsung atau secara tidak langsung, karena setiap pembelajaran bisa di serap secara berbeda untuk setiap mahasiswa.

Selain kita mempunyai kesibukan yang kita dapat dari kampus, ternyata kampus merupakan sebuah tempat untuk kita belajar membuka bisnis atau peluang usaha untuk kita sendiri. Maka di kampus kita tidak melulu belajar materi yang ada di kampus, akan tetapi kampus juga bisa kita jadikan untuk kita memulai merintis bisnis mahasiswa mulai dari nol.

Banyak sekali bisnis untuk mahasiswa yang bisa kita coba, mulai dari bisnis mahasiswa tanpa modal hingga bisnis mahasiswa yang membutuhkan modal cukup besar. Peluang usaha mahasiswa ini bisa di jadikan sebagai bisnis yang benar-benar di dalami atau hanya sebagai bisnis sampingan mahasiswa saja.

Nah pada kesempatan kali ini Mahasiswariau.com akan mengajak anda untuk membahas tentang bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan beberapa jenis usaha mahasiswa. Setidaknya akan ada beberapa peluang bisnis bagi mahasiswa yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Peluang bisnis mahasiswa yang akan kita bahas kali ini terdiri dari bisnis online mahasiswa hingga bisnis yang di jalankan secara nyata. Nah, kini saatnya kita membahas tentang peluang bisnis untuk mahasiswa yang paling baru dan terbaik, setidaknya ide bisnis mahasiswa ini sangat layak untuk di coba oleh para mahasiswa atau mahasiswi.

10 Ide Bisnis Mahasiswa Terbaik

  1. Bisnis Kursus Private

Ide bisnis mahasiswa tanpa modal yang pertama adalah bisnis kursus private yang mana di sini adalah sebuah bisnis mahasiswa yang menuntut orang yang menjalankannya mempunyai keterampilan. Misalkan saja anda mempunyai keterampilan atau pengetahuan tentang matematika, maka anda bisa membuka bisnis kursus mata pelajaran matematika.

Biasanya bisnis ini akan sangat laris apabila anda sedang akan di adakannya unas, maka anak-anak akan banyak yang kursus mata pelajaran yang di ujikan secara nasional. Tentu saja hal ini bisa menjadi ladang emas untuk kita yang mencoba bisnis mahasiswa tanpa modal kursus private.

  1. Bisnis Jualan Barang Bekas

Bisnis sampingan mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis yang mana kita di wajibkan bagi kita yang menjalankannya untuk pandai-pandai berdagang secara cermat. Karena barang yang kita jual dalam bisnis sampingan mahasiswa kali ini adalah barang bekas yang notabenenya adalah barang yang biasanya di anggap remeh oleh banyak orang.

Padahal barang bekas ini bisa menjadi barang yang mempunyai nilai berarti apabila kita pasarkan pada orang yang benar-benar membutuhkannya. Kita kulakan barang di pasar barang bekas, kemudian kita jual ulang pada teman-teman kita yang ada di kampus.

  1. Jasa Foto dan Video
Baca :  Tips Ekspansi Bisnis Perkebunan Buah dengan Peluang Keuntungan Besar

Bisnis sampingan untuk mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan hobi. Tentu saja jika hobi bisa menjadi sebuah bisnis maka akan sangat menyenangkan bukan? Contoh hobi yang bisa menjadi ladang emas adalah fotografi dan juga video.

Banyak orang yang suka di foto dan di rekam, sehingga hasilnya akan menjadi memori yang di abadikan dan bisa di nikmati setiap saat. Tentu saja bisnis bagi mahasiswa ini sangat berpotensi besar jika di lakukan dengan baik dan juga manajemennya bagus.

  1. Bisnis Hiburan Musik

Pada bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang ke empat ini adalah sebuah contoh bisnis mahasiswa yang mana dalam bisnis ini anda di tuntut untuk menguasai salah satu alat musik dan menjadi penghibur di cafe-cafe yang menyediakan fasilitas full music bagi para pengunjungnya.

Atau jika anda hobi nge-band maka mungkin bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini bisa menjadi salah satu bisnis sampingan yang cukup menambah penuh kantong anda. Anda bisa memulai untuk mengumpulkan personil band anda dan selanjutnya anda bisa tampil untuk langkah awal di cafe-cafe.

  1. Jasa Penulis

Untuk bisnis bisnis online mahasiswa yang berikutnya adalah anda bisa menjadi seorang penulis jika memang anda mempunyai passion di situ. Saat ini bisnis mahasiswa menjadi penulis online juga sangat ramai, jadi anda bisa mencoba menjadi kontributor sebuah situs online.

Anda juga bisa membuka jasa penulisan secara online, kemudian anda bisa mempromosikan bisnis mahasiswa jasa penulis di sosial media dan forum-forum. Jika di rasa tulisan anda enak untuk di baca oleh manusia dan mesin pencari google, mungkin para pelanggan akan memberi nilai plus untuk bisnis online untuk mahasiswa anda.

  1. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis mahasiswa modal kecil yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang menuntut ketramilan anda dalam mengoperasikan sebuah software seperti photoshop atau gimp untuk melakukan aksi desain grafis. Banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis ini, terlebih lagi orang-orang yang suka dengan desain atau seni.

Dengan ketrampilan desain yang anda miliki, maka anda bisa meraup keuntungan dari client anda. Misalkan tugas desain grafis dari teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto dan jasa desain yang lainnya.

  1. Jasa Penerjemah
Contoh bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang sangat cocok bila di jalankan oleh jurusan bahasa baik itu bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa belanda, bahasa mandarin dan bahasa lainnya. Banyak mahasiswa yang telah memulai bisnis sampingan ini karena bisnis ini hanya butuh keterampilan saja dan tentunya tidak membutuhkan modal yang besar.
Jika anda tertarik dengan bisnis sampingan untuk mahasiswa yakni jasa penerjemahan ini, anda bisa menawarkan jasa anda kepada mahasiswa lain yang tentunya berbeda jurusan dengan anda, misalkan saja jurusan IT atau jurusan yang lainnya. Hal ini jelas sangat menguntungkan, karena dengan hanya bermodalkan keterampilan saja, anda sudah bisa mendirikan bisnis kecil anda.
  1. Jasa Printing
Baca :  Tips Ekspansi Bisnis Perkebunan Buah dengan Peluang Keuntungan Besar

Peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini tentu saja banyak sekali orang yang membutuhkan, karena pada dasarnya mahasiswa itu tidak bisa lepas dengan yang namanya tugas atau laporan berupa hard copy. Hal ini adalah kesempatan bagi anda yang mempunyai usaha percetakan atau jasa printing baik print tugas teman sesama mahasiswa anda atau anda juga bisa memberikan jasa print anda kepada orang secara umum.

Jasa print ini bisa anda coba untuk pertama kali di tempat anda tinggal, seperti misalkan di rumah anda, kost atau kontrakan anda. Hanya bermodalkan 1 buah laptop, print dan perlengkapan yang lainnya. Jasa print anda ini bisa untuk awal memulai bisnis anda, siapa tahu saja kelak anda bisa membuka bisnis percetakan yang sangat besar.
  1. Bisnis Kaos
Ide bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang tentunya menjadi tren bisnis anak muda masa kini, pasalnya sekarang kan lagi musim tuh distro. Nah dalam hal ini adalah kesempatan anda untuk meramaikan bisnis ini juga. Dalam bisnis mahasiswa yang satu ini anda harus menang dalam hal kreatifitas.
Untuk memulai bisnis yang satu ini anda harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon. Setelah anda mempunyai hubungan dengan keduanya, kini saatnya anda membuat desain kaos yang paling keren untuk anda jual kepada para pelanggan anda. Semakin keren desain anda, tentu akan semakin banyak orang yang tertarik untuk beli desain kaos anda tersebut.
  1. Jasa Pembuatan Toko Online
Ide binsis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis yang sangat cocok bila di jalankan oleh anak IT. Karena jasa yang di tawarkan ini sangat berhubungan dengan mata kuliah yang mereka pelajari di bidang pemrogramman web. Jasa pembuatan toko online ini sangat ramai di jalankan karena memang peluang usaha mahasiswa mandiri yang satu ini mempunyai keuntungan secara finansial sangat besar.
Saat ini banyak sekali orang yang jualan barang mereka melalui sosial media seperti facebook, twiter, instagram dan sosial media yang lainnya. Tentunya jika kita menjual barang tersebut di toko online dengan tampilan dan engine yang elegan, akan menambah faktor kepercayaan calon pembeli terhadap usaha atau bisnis jualan kita.