Mahasiswariau.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau kembali akan mengadakan acara Pekan Raya Biologi 2018. Agenda yang mencakup wilayah se-Riau dan Kepulauan Riau ini menyajikan serangkaian  perlombaan, seperti: Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP) serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional bertemakan tingkat mahasiswa se-Indonesia. 

Berbeda dari Pekan Raya Biologi tahun lalu, pada Pekan Raya Biologi 2018 terdapat cabang lomba terbaru yaitu Melukis tingkat SMA dan Fotografi tingkat Mahasiswa.

Pekan Raya Biologi akan berlangsung pada Januari 2018 mendatang dimana mencakup peserta tingkat SMP dan SMA se-Riau dan Kepulauan Riau serta mahasiswa seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti Gedung Aula Serba Guna, ruang kelas, dan ruangan Micro Teaching.

Ratih Setiawati  selaku Koordinator Kesekretariatan Panitia kegiatan ini mengungkapkan bahwa Pembukaan Stand Pendaftaran peserta PRB 2018 akan dilaksanakan pada Senin, 23 Oktober 2017 mendatang yang bertempat di kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. 

Pembukaan Stand Pendaftaran PRB 2018 akan melayani administrasi pendaftaran disemua cabang lomba pada Pekan Raya Biologi 2018 maupun Seminar Nasional.

Bersama dengan Pekan Raya Biologi 2018, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi juga mengadakan Seminar Nasional bagi para dosen, guru sekolah menengah, mahasiswa, dan umum dengan tema “Membentuk Generasi Berkarakter melalui Revolusi Mental dalam Pendidikan IPA”, ujar Dhea Oktama Rivaldo selaku Ketua Pelaksana PRB 2018. 

Dhea juga menuturkan bahwa saat ini seluruh panitia tengah mempersiapkan secara penuh konsep acara yang akan digunakan untuk PRB 2018.

“Pemateri dalam Seminar Nasional masih berada dalam tahap pelobian. Sedangkan untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional akan menerbitkan sebuah Prosiding berisi seluruh Karya Tulis Ilmiah yang ikut berpartisipasi dan nantinya akan bagikan kepada seluruh peserta Karya Tulis Ilmiah tersebut,” tambah Dhea Oktama Rivaldo selaku Ketua Pelaksana Pekan Raya Biologi 2018. 

Sementara itu Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd selaku  Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, dengan tangan terbuka menunggu seluruh peserta didik se-Riau dan Kepulauan Riau untuk mendaftarkan diri mereka di  PRB 2018.

“Kegiatan semacam ini penting dilakukan karena acara ini sangat bermanfaat  baik bagi siswa maupun Guru untuk mengasah kemampuannya dibidang Sains pada umumnya dan Biologi pada khususnya , ujar Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd yang juga Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.

Artikel asli Teras UNRI

Baca Juga  Pengamat Ekonomi UR, Edyanus Halim : Pemkot Sia-Siakan Peluang PAD