Perkebunan buah merupakan salah satu jenis bisnis yang cocok dikembangkan di Indonesia. Karena banyak lahan subur yang memang cocok diperuntukkan bagi jenis buah tertentu. Peluang bisnis ini wajib Anda manfaatkan bila Anda memiliki modal berupa lahan luas serta wawasan bercocok tanam yang baik.

Jika kini Anda sudah memiliki perkebunan buah dan ingin berekspansi ke bidang lainnya, beberapa peluang bisnis ini patut Anda pertimbangkan dari sekarang:

Wisata Petik Buah

wisata petik buah

Wisata petik buah kini tak asing lagi di Indonesia. Selain menikmati suasana alam yang asri dan sejuk, memetik buah untuk dibawa pulang menjadi daya tarik bisnis ini. Lokasi perkebunan Anda harus ditata agar rapi dan mudah dilewati oleh para wisatawan. Semakin luas perkebunan Anda, maka semakin besar pula kesempatan untuk menyiapkan wisata petik berbagai macam buah.

Bisnis Jus Buah

wisata petik buah

Bisnis perkebunan buah pasti tak pernah kehabisan persediaan buah. Hal inilah yang patut dimanfaatkan untuk membuka bisnis jus buah. Siapkan lokasi yang strategis tak jauh dari perkebunan Anda. Bahan baku berupa aneka buah segar dari kebun sendiri tentu akan menghemat biaya operasional bisnis jus buah.

Oleh-Oleh Berbahan Dasar Buah

wisata petik buah

Jangan pesimis dulu menghadapi buah kualitas nomor 2 yang masih layak makan. Sebab biasanya buah-buahan yang tidak terlalu diminati tersebut hanya bermasalah di bagian kemulusan kulit atau ukuran terlalu kecil. Jadi, manfaatkan saja buah tersebut untuk membuat aneka makanan dan minuman olahan. Carilah informasi mengenai olahan buah-buahan yang lezat dan tahan lama. Hasil kebun berupa buah-buahan kualitas nomor 2 pun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Bisnis Pupuk Organik

Sampah dari perkebunan buah kerap terasa merepotkan karena jumlahnya banyak. Padahal Anda bisa memanfaatkan sampah tersebut untuk merintis bisnis pupuk organik. Nanti pupuk organik buatan Anda bisa dijual dengan harga terjangkau karena bahan bakunya melimpah dari sampah di kebun buah.

Baca Juga  10 Peluang Usaha dan Bisnis Mahasiswa Terbaik

Soal kendala modal, kini Anda tak perlu khawatir lagi bila Anda mengandalkan Mekar.id. Karena Mekar.id bukan cuma solusi investasi uangbagi para pemilik modal. Dana yang diinvestasikan melalui Mekar.id akan menjadi sumber pendanaanbagi pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Anda pun berkesempatan mengajukan pinjaman untuk melakukan proses ekspansi bisnis.

Keterbatasan modal tak lagi jadi penghalang proses ekspansi bisnis sejak ada Mekar.id. Mari memanfaatkan Mekar.id untuk meminjam modal dengan prosedur praktis.